Advertise here

Taman Kota, Meksiko / Francisco Pardo

 

Francisco Pardo Arquitecto mendesain taman kota untuk merevitalisasi daerah pinggiran kota yang terlantar di Meksiko.

Ditugaskan oleh CIDS dan INFONAVIT – Lembaga Pusat Perumahan Meksiko membangun kembali pasar hipotek Meksiko dan mempromosikan pembangunan perumahan yang berkelanjutan, yaitu Parque Colinas del Sol dan Parque Los Héroes, keduanya dirancang oleh Francisco Pardo Arquitecto. Ini merupakan bagian dari program yang lebih luas yang meninjau kembali ruang publik untuk memperbaiki kondisi perumahan sosial yang buruk selama 30 tahun terakhir, memperbaiki kerusakan properti yang ditinggalkan, dan menyembuhkan segregasi sosial yang mempengaruhi pinggiran kota di negara tersebut.

Dibuat hanya dalam enam bulan, seiring dengan tuntutan keterbatasan anggaran pembangunan serta biaya pemeliharaan yang rendah, dua proyek tersebut menampilkan solusi desain sederhana dan terjangkau / material bangunan yang murah seperti beton, baja dan blok semen, serta dibangun dengan dukungan masyarakat setempat, dengan memobilisasi antusiasme warga yang sekaligus membangkitkan rasa memiliki.

“Penting untuk mengubah tidak hanya kondisi fisik tetapi juga persepsi ruang: sebagai seorang desainer, saya percaya bahwa mendukung masyarakat lokal untuk memiliki ruang publik yang lebih baik bagi keluarga mereka akan membantu komunitas yang lebih besar” – menurut Francisco Pardo, pendiri Perusahaan Meksiko.

Proyek Parque Colinas del Sol (video singkat: https://youtu.be/NM1eTNg6km8) terdiri dari revitalisasi plaza dan taman yang berkaitan dengan Unidad Habitacional de Colinas del Sol di Almoloya de Juárez. Untuk mengoptimalkan area seluas dua hektar, situs/tapak ini dibagi menjadi berbagai area tematik, seperti taman bermain, tempat meditasi, jalur skateboard, lapangan sepakbola, dan paviliun untuk acara publik. Hal tersebut memungkinkan intervensi arsitektur yang spontan dan efektif.

Aliran air yang sebagian terkontaminasi telah diubah menjadi sungai bersih yang bisa digunakan untuk menyiram vegetasi sekaligus untuk mengartikulasikan bagian-bagian berbeda dari taman, yang telah dirancang sesuai dengan aktivitas dan usia pengguna. Hal tersebut bisa mendorong interaksi dan integrasi keluarga.

Proyek perbaikan Parque Los Héroes (video singkat: https://youtu.be/IUzvr5cG1Z4), yang terletak di Unidad Habitacional de Los Héroes Sección III di kota Toluca de Lerdo, meliputi renovasi trotoar menggunakan material modulus tunggal (batu segi enam), untuk mengartikulasikan ruang yang berbeda dan mendorong aktivitas baru. Hal ini tercapai dengan cara memodifikasi topografi dan mendukung tata letak ruang yang fleksibel. Untuk melengkapi proposal ini, 100 pohon ditanam – masing-masing berada pada jarak tiga meter. Termasuk juga taman bermain anak-anak, lapangan sepakbola, lapangan basket, dan jalur skating. Taman ini inklusif dan telah dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup.

Meskipun dirancang sesuai dengan kondisi alam dan sosial tertentu, kedua proyek ini menampilkan elemen-elemen umum, sehingga menjamin keselarasan antara yang dibangun dengan lingkungannya, yang dapat diintegrasikan ke dalam sebuah sistem dan bisa diterapkan untuk konteks lain. Salah satunya adalah blok lantai semen, yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan segala jenis tata letak, baik itu alami atau buatan. Kombinasi kreatif dari blok dan beton in-situ menghasilkan pola baru seperti permadani. Yang kedua adalah sistem taman bermain: variasi dinding beton dan batang logam yang disusun dalam berbagai konfigurasi, sehingga membentuk aneka ruang yang cocok untuk semua pengguna dan penggunaan.

Lebih dari sekadar oase untuk menghubungkan kembali warga dengan alam, taman-taman adalah alat untuk mewujudkan hal tersebut. Melalui transformasi daerah pinggiran kota menjadi ruang rekreasi hijau, Parque Colinas del Sol dan Parque Héroes dengan cepat menjadi ruang publik yang dicintai oleh penduduk.

PARQUE COLINAS DEL SOL
Arsitek: Francisco Pardo Arquitecto
Klien:
INFONAVIT (Instituto del Fondo Nacional de la Vivienda para los Trabajadores)
CIDS (Centro de Investigación para el Desarrollo Sostenible)

Team desain: Francisco Pardo, Daniel Vázquez, Ivan Saucedo, Julián Ramírez, Karen Burkart, Sofía Alami, Wilfrido Estrada
Konstruksi: OMESA, Jesús Ortiz Calderón, Javier Robles Santisteban, Francisco Javier Lara Vélez
Ahli struktur: DECSA, Ricardo Camacho
Instalasi: BANAH DE MÉXICO, Fortino Moctezuma
Ahli hidrolik: ID Vertical

Proyek: 2017
Konstruksi: 2018
Lokasi: Unidad Habitacional Los Héroes II, Toluca de Lerdo, State of Mexico
Luas: 18.200 sqm

PARQUE LOS HÉROES
Arsitek: Francisco Pardo Arquitecto
Klien:
INFONAVIT (Instituto del Fondo Nacional de la Vivienda para los Trabajadores)
CIDS (Centro de Investigación para el Desarrollo Sostenible)

Team desain: Francisco Pardo, Daniel Vázquez, Ivan Saucedo, Julián Ramírez, Karen Burkart, Sofía Alami, Wilfrido Estrada
Konstruksi: OMESA, Jesús Ortiz Calderón, Javier Robles Santisteban, Francisco Javier Lara Vélez
Ahli struktur: DECSA, Ricardo Camacho
Instalasi: BANAH DE MÉXICO, Fortino Moctezuma

Proyek: 2017
Konstruksi: 2018
Lokasi: Unidad Habitacional III Los Héroes, Toluca de Lerdo, State of Mexico
Luas: 12.200 sqm

IKLAN
iklAN