5 Jurusan Arsitektur Terbaik 2022 dan Profil Lulusannya

Berikut ini adalah daftar 5 universitas terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan arsitektur. Rangking ini berdasarkan “The Times Haiyer Education World University Renkings” tahun 2022.

Tabel ini didasarkan pada 13 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat yang mengukur kinerja institusi di empat bidang yaitu: pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional. Sekedar untuk gambaran, universitas terbaik di dunia yang memiliki jurusan arsitektur adalah Harvard University yang memiliki score 95.

Yang ke-5 adalah: Universitas Brawijaya dengan range score diantara 10.6 – 22.3

Ketika pertama kali melangsungkan perkuliahan pada tahun 1983, jurusan arsitektur Universitas Brawijaya masih berstatus sebagai program studi yang berada di bawah naungan Jurusan Teknik Sipil. Tapi pada tahun 1994, status tersebut berganti menjadi jurusan arsitektur yang termasuk dalam Fakultas Teknik. JURUSAN Arsitektur FTUB telah terakreditasi dengan peringkat “A”, oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN PT sejak tahun 2010. Salah satu alumni arsitektur brawijaya yang cukup dikenal adalah: Ary Indra dengan firma arsitekturnya yaitu ABODAY.

Yang ke-4 adalah: Universitas Binus dengan range score diantara 10.6 – 22.3

Jurusan Arsitektur Universitas Binus telah mengantongi akreditasi “A” dari BAN PT pada tahun 2016 lalu. Jurusan ini memiliki kurikulum yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi di era globalisasi dan tuntutan pasar. Dengan minimum 146 sks yang harus diselesaikan, mahasiswa diharapkan akan mampu meningkatkan pengetahuan dan teknologi di bidang arsitektur serta mampu meletakkan dasar bagi program sarjana (S1), menuju program master (S2), program doktor (S3) dan pendidikan profesi arsitektur di masa datang. Salah satu alumni arsitektur BINUS yang cukup dikenal adalah Muhammad Egha dengan firma arsitekturnya yang bernama Delution yang telah meraih penghargaan architectcer masterpraiz 2019 untuk kategori green architectcer dan small living.

Yang ke-3 adalah: Universitas Pendidikan Indonesia dengan range score diantara 22.4 – 27.1

Departemen Pendidikan Teknik Arsitektur (DPTA) berdiri pada tahun 2006 dan merupakan hasil dari pemekaran Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan. Saat ini DPTA memiliki dua program studi, yaitu: Yang ke-1 Pendidikan Teknik Arsitektur – S1, yang berfokus pada pengembangan disiplin ilmu pendidikan di bidang arsitektur, program studi ini mengantongi akreditasi internasional dari Agency for Quality Assurance (AQAS) dan akreditasi “Unggul”dari BAN PT. Dan yang ke-2 adalah Arsitektur – S1, yang berfokus pada pendidikan disiplin ilmu arsitektur secara profesional, program studi ini mengantongi akreditasi “A” dari BAN PT. Sesuai dengan jati diri UPI, DPTA menempatkan kepeloporan dan keunggulan di bidang pendidikan teknik arsitektur.

Yang ke-2 adalah: Institut Teknologi Bandung dengan range score diantara 22.4 – 27.1

Dulu Teknik Arsitektur ITB masih menjadi bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP). Di fakultas ini bernaung juga jurusan Teknik Sipil, Teknik Planologi, Teknik Lingkungan, dan Teknik Geodesi. Namun sejak tahun 2005 Program Studi Sarjana Arsitektur bernaung di bawah Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Arsitektur ITB mengantongi akreditasi “Unggul” dari BAN PT dan Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE). Diantara alumni arsitektur ITB yang cukup dikenal adalah Ridwan Kamil bersama firma arsitektur nya yang bernama Urbane, pemenang sayembara IKN yaitu Sibarani Sofian bersama firma arsitekturnya yang bernama urban+, dan Yu Sing bersama firma arsitekturnya yang bernama Akanoma.

Dan Yang ke-1 adalah: Universitas Indonesia dengan range score diantara 27.2 – 31.9

Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia (dahulu bernama Jurusan Teknik Arsitektur) berdiri pada tahun 1965 di bawah Fakultas Teknik (FTUI) di Jakarta. Lulusan Program Studi Arsitektur UI adalah sarjana arsitektur dengan kualifikasi pra-profesional sehingga dapat langsung magang di dunia praktisi atau melanjutkan ke program Profesi (Arsitek) melalui proses kualifikasi oleh Asosiasi Profesi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Jurusan ini menyandang Akreditasi “A” dari BAN PT dan Akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2010. Salah satu alumni arsitektur UI yang cukup dikenal adalah Yori Antar yang memiliki julukan pendekar arsitektur nusantara.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.