Desain Rumah Bentuk U Cocok Untuk Area Padat

Contoh rumah kali ini diambil dari salah satu rumah yang didesain oleh Natalie Dionne, seorang arsitek yg bebasis di Kanada. Bentuk massanya seperti huruf “U” yang menyisakan ruang terbuka di tengah-tengah bangunan. Rumah ini diberi nama “Rumah U” sesuai dengan bentuknya.

Langsung saja kita bahas. Terletak di pinggiran lingkungan perumahan Montreal, serta dekat dengan jalur kereta api, “Rumah-U” berada dalam konteks perkotaan. Namun, bentuk “U” yang memanfaatkan ruang tengah terbuka, menciptakan oasis yang terlindung dari lingkungan sekitarnya. Dinding yang membingkai halaman terbuat dari kayu dan panel kaca yang diartikulasikan dengan baik yang dapat dibuka dan ditutup. Jika cuaca memungkinkan, halaman ini bisa mengubah fungsinya menjadi ruangan lain di dalam rumah.

Foto di atas adalah ruang terbuka di area tengah rumah yang memberikan kesan dan suasana berbeda dengan kontek perkotaan sekitarnya yang padat dan sumuk. Selain untuk tempat tinggal, “Rumah-U” juga didesain oleh Natalie untuk menampung aktifitas perkejaannya atau sekaligus sebagai ruang kantor bagi dirinya dan mitra kerjanya. Bersama mitranya, yang bekerja di bioskop, ia membuat rencana dan mulai membangun pada tahun 2003. Di tepi Plateau Mont-Royal yang trendi, di salah satu dari beberapa lahan kosong yang tersisa, dua bangunan baru dibangun di setiap tepi tanah, masing-masing melekat pada bangunan industri kecil yang sudah ada. Berikut denah lantai dasarnya (lihat gambar):

Bagaimana, terlihat seperti huruf “U” kan? Rumah-U memanfaatkan ide fluiditas antara ruang interior dan eksterior. Fluiditas maksudnya ruang yang mengalir dari dalam keluar atau sebaliknya tanpa banyak sekat-sekat yang menghalangi. Fasad-fasad yang menghadap ke halaman ditutupi dengan kayu lapis yang dipilih dari material berkualitas “marine grade” yang karakternya tahan terhadap air dan kelembaban, dan finishing-nya menggunakan material lapisan kayu okoumé (material ini sekarang banyak disuppli dari China, coba cek alibaba).

Material yang sama juga dipilih untuk menghiasi dinding interior. Demikian juga dengan lantai teras yang tersambung dengan lantai rumah, juga terbuat dari jenis kayu yang sama. Di satu sisi dek/gladak (inggris: deck), empat panel kusen jendela kayu didesain dengan model akordeon. Di sisi lain geladak, salah satu jendela besar sebenarnya adalah pintu garasi. Ketika kedua jendela ini terbuka sepenuhnya, akan memberikan dua lubang menganga di fasad, benar-benar menghilangkan batas antara ruang dalam dan ruang luar.

Di musim panas, jendela lantai atas dibuka dan daun jendela ditutup. Ini memastikan ventilasi yang cukup, menjamin privasi, melindungi dari hujan, dan membuat kamar yang menghadap ke selatan tetap sejuk. Di musim dingin, daun jendela terbuka memungkinkan cahaya dan panas maksimum dari matahari.

Al Hilal: Lahir dan besar di Madura, Al Hilal lulus sekolah arsitektur setelah tujuh tahun belajar di sebuah istitut di Bandung. Dia mencintai Arsitektur sebagi seni dan teknologi, bagi dia dunia arsitektur memiliki medan magnet yang kuat yang selalu menarik jiwanya untuk larut dalam medan konduksinya. Mempublikasian karya-karya arsitektur dari seluruh dunia secara digital merupakan caranya untuk menikmati karya seni dan inovasi teknologi, sebuah cara untuk merangkul jiwanya yang ingin selalu bercengkrama dengan dunia arsitektur.
Related Post