Rumah Kontemporer di Lahan Berkontur

Terletak di lahan berkontur, rumah pedesaan modern yang berada di luar kota Toronto ini terinspirasi oleh dinding batu pemisah ladang petani. Rumah Kediaman Stouffville ini memiliki kantilever di atas lanskap yang luas. Dinding batu monolit di area pintu masuk dirancang berskala rendah dan terkesan sangat pribadi. Sedangkan serangkaian kotak kaca transparan yang menghiasi dinding monoliti tersebut memberi isyarat program ruang yang ada di dalamnya. Dinding ini berfungsi sebagai elemen organisasional utama yang mengikat serangkaian jendela kaca dan menghadap ke arah selatan yang memberikan pemandangan lanskap yang mengesankan. Orientasi proyek ini adalah meminimalkan dampak bangunan terhadap lingkungan sekitar sembari memaksimalkan akses ke pencahayaan alami. Atapnya tampak mengapung di atas pintu masuk yang memberikan kesan dinamis.

Rumah Kediaman Stouffville ini memiliki dua bar. Ruang yg bersifat publik diletakkan di bagian tengah, sedangkan ruang privat lebih ke samping. Poros utama rumah ini adalah dapur / ruang tamu / ruang makan, sedangkan teras kayu yang terbuka berfungsi sebagai tambahan bagi ruang keluarga. Ruang servis yang praktis terletak berdekatan dengan pintu masuk utama yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan dapur, hal ini untuk membantu mempertahankan gaya hidup minimalis. Rumah kontemporer ini memiliki satu kamar tidur utama di lantai dasar, serta dua kamar tidur di lantai bawah. Rumah yang luas ini dirancang proporsional dan selalu berorientasi pada pemandangan ke sekitarnya.

Material penutup yang digunakan adalah granit lokal, kayu cedar Kanada, beton, kaca, dan kayu mahoni. Sedangkan pemanas lantai menggunakan panas bumi sehingga nyaman sepanjang tahun dan keberlanjutan.

Data proyek

Arsitek: Trevor McIvor Architect Inc
Pimpinan arsitek: Trevor McIvor
Lokasi: Stouffville, Toronto GTA, Ontario
Luas area: 40,454 m2
Luas lantai: 5,000 sf (465 m2)
Proyel selesai: 2017

Kontraktor: Ortolan Building Design Ltd
Ahli struktur: Blackwell Structural Engineers

Fotografi: Maciek Linowski

Denah & Rencana Tapak

:

Info lebih lanjut: www.trevormcivor.com

Al Hilal: Lahir dan besar di Madura, Al Hilal lulus sekolah arsitektur setelah tujuh tahun belajar di sebuah istitut di Bandung. Dia mencintai Arsitektur sebagi seni dan teknologi, bagi dia dunia arsitektur memiliki medan magnet yang kuat yang selalu menarik jiwanya untuk larut dalam medan konduksinya. Mempublikasian karya-karya arsitektur dari seluruh dunia secara digital merupakan caranya untuk menikmati karya seni dan inovasi teknologi, sebuah cara untuk merangkul jiwanya yang ingin selalu bercengkrama dengan dunia arsitektur.