X
    Categories: Rumah

Tempat Tinggal De La Canardière / Atelier BOOM-TOWN

Tempat tinggal ini dirancang untuk acara keluarga pada waktu tertentu untuk berlibur dan bersantai sambil menikmati keindahan alam. Lokasi proyek ini berada di tepi danau di Laurentians, daerah hutan dengan kemiringan yang lumayan curam. Berada di ketinggian, lokasi bangunan tentu saja menawarkan pemandangan ke arah danau, dan ini menjadi dasar pengembangan konsep arsitektur nya: Memadukan dua area (alam dan bangunan) sehingga saling beririsan satu dengan yang lain nya. Pembagian bentuk nya dibuat agar memungkinkan integrasi dengan lansekap, dengan bentuk memanjang mengikuti lahan yang memberikan pemandangan ke seluruh landsekap seperti hal nya pos penjaga.

Area atas, yang mengambil bentuk rumah atap runcing yang unik, menghadap ke danau dengan kantilever. Sedangkan area yang lebih rendah melekat ke lereng bukit. Dua area ini beririsan di bagian sikulasi vertikal dan pintu masuk. Ruang pivot ini mengatur seluruh area sirkulasi internal dan memungkinkan inti bangunan untuk terhubung dengan bagian luar.

Lantai bawah memiliki desain yang lebih kontemporer dengan atap datar dan bukaan yang sangat besar. Ruang keluarga, yang dirancang 2 tingkat, dimanjakan dengan pemandangan ke arah danau. Untuk menaungi area yang lebih rendah dipasang ‘shelter’. Sedangkan di atas atap tersedia teras yang lebar.

Dengan pemilihan warna dan material alami, bangunan ini terlihat bersahabat dengan lingkungannya serta seolah-olah tumbuh dari tanah. Eksterior kayu hitam menyatu dengan atap seng. Kalau diamati dari danau, maka karya bangunan akan terkesan seperti surga. Bagian kayu yang terang membuat struktur yang gelap seperti memancarkan cahaya. Hal ini seolah-olah seperti sinar matahari yang menembus celah-celah awan hitam.

Data Sheet

Selesai tahun: 2017
Luas: 3600 sq. ft.

Arsitek: atelier BOOM-TOWN
Desain Interior: MJ DESIGN and atelier BOOM-TOWN
Ahli Struktur: GENIEX
Kontraktor umum: BOIS & NATURE CONSTRUCTION inc.
Photographer: STEVE MONTPETIT
Pintu dan jendela: FABELTA
Kabinet: Bianchi
Pemipaan: Batimat
Countertop and marble: Ciot
Tangga: Escalier Grenier
Pencahayaan dan furnitur: Avant-Scène, Ligne Roset, Au Courant, Maison Corbeil

Info lebih lanjut: www.boom-town.ca/rsidence-de-la-canardire

Al Hilal :Lahir dan besar di Madura, Al Hilal lulus sekolah arsitektur setelah tujuh tahun belajar di sebuah istitut di Bandung. Dia mencintai Arsitektur sebagi seni dan teknologi, bagi dia dunia arsitektur memiliki medan magnet yang kuat yang selalu menarik jiwanya untuk larut dalam medan konduksinya. Mempublikasian karya-karya arsitektur dari seluruh dunia secara digital merupakan caranya untuk menikmati karya seni dan inovasi teknologi, sebuah cara untuk merangkul jiwanya yang ingin selalu bercengkrama dengan dunia arsitektur.