Apartemen kecil 50 m2 / Gokostudio

Perbaikan sebuah apartemen kecil di Barcelona, yang mengubahnya menjadi ruang bebas mengalir (free-flowing space) yang tetap menjaga keintiman ruang tertentu, dan hampir tidak membutuhkan pintu.

Tempat tinggal ini terletak di jantung distrik Ciutat Vella, hanya beberapa meter dari bekas Pasar Born. Dari awal, sang klien ingin agar apartemen nya memiliki konsep ruang bebas mengalir.

Dari sudut fungsional

Persyaratan fungsional menuntut agar ruang didefinisikan ulang secara komplit. Sang pemilik menyoroti agar denah lantai tidak seperti tipikal rumah konvensional. Dia menginginkan fleksibilitas dalam pemakaian ruang. Luas area lantai yang terbatas hanya 50 m2, harus melingkupi tempat tinggal, ruang kerja, dan tempat menjamu teman-teman nya tanpa didesain secara ekslusif pada setiap fungsi. Prinsipnya adalah ruang-ruang tersebut dibuat tanpa hirarki dengan meprioritaskan fleksbilitas dan menjaga keintiman area tertentu seperti kamar tidur.

Dari sudut spasial

Sejauh sang owner perhatikan, RUANG adalah puncak kemewahan.

Diagnosa

Sangat jelas, dari denah lantai yang berbentuk huruf U yang pendek, memberikan potensi yang luas: sebuah ruang bebas mengalir dan ruang kecil tanpa partisi fisik. Tanpa bisa dihindari, Lengkungan U-nya mengurangi kesan ‘ruang tunggal’ yang membuat setiap sektor memiliki ‘sedikit keintiman’.

Proposal fungsional dan spasial

Dari hasil observasi, proposal yang diajukan merespon pertanyaan berikut: Bagaimana zona yang berbeda bisa terhubung dan menciptakan satu ruang terpadu yang memberikan privasi pada ruang tidur? Ide utamanya adalah mendesain sebuah ruang bebas mengalir sehingga sang pemilik dapat dengan bebas bergerak di dalam apartemennya namun tetap mendapatkan keintiman di ruang tidur. Persyaratan ini kontradiksi dengan ide menciptakan ruang tunggal, namun ada sebuah solusi.

Yang diusulkan adalah sebuah sistem interkoneksi ruang yang berurutan. Tempat tinggal itu akan diorganisir mengitari area tengah yang mana seluruh aktivitas dijalankan. Interaksi antar dua idea ini, ruang yang bebas mengalir dan menjaga keintiman di lain pihak, diselesaikan dengan penempatan kamar mandi. Kamar mandi yang terletak di antara kamar tidur dan toilet, menyelesaikan interkoneksi antara zona sosial dan zona istirahat pribadi, memungkinkan dua fungsi toilet (sebagai toilet tamu dan toilet privat bagian dari kamar mandi utama). Tata letak fungsional ini, memungkinkan akses privat dari kamar tidur ke toilet.

Dan pintu kaca antara kamar tidur dan area kamar mandi, membuat cahaya dari kamar tidur bisa masuk.

Agar memberikan kesan interior se luas mungkin, dapur dirancang linear dan dilengkapi dengan banyak rak penyimpanan (panjangnya 5 meter) dengan celah cukup lebar.

Pemilihan warna juga menentukan suasana yang diharapkan. Kesatuan spasial dibentuk engan lantai kayu. Dinding dan langit-langit berwana putih kanvas yang menjadi latar belakang beberapa artefak dan karya seni, menghilangkan kekakuan dan memberikan rumah ini sentuhan personal.

Data Proyek

Apartment in Born.
Barcelona, Spain
Arsitek: GokoStudio (gokostudio.com)
Luas area: 50 m2
Tahun perbaikan: 2017
Photo credits: Valentín Hincú.

Info lebih lanjut kunjungi:
gokostudio.com
www.houzz.es/pro/gokostudio/gokostudio

Al Hilal: Lahir dan besar di Madura, Al Hilal lulus sekolah arsitektur setelah tujuh tahun belajar di sebuah istitut di Bandung. Dia mencintai Arsitektur sebagi seni dan teknologi, bagi dia dunia arsitektur memiliki medan magnet yang kuat yang selalu menarik jiwanya untuk larut dalam medan konduksinya. Mempublikasian karya-karya arsitektur dari seluruh dunia secara digital merupakan caranya untuk menikmati karya seni dan inovasi teknologi, sebuah cara untuk merangkul jiwanya yang ingin selalu bercengkrama dengan dunia arsitektur.