X
    Categories: Rumah

Rumah Kontemporer dengan Interior Minimalis

Di daerah pemukiman yang rimbun di Summerhill di tengah kota Toronto, AKB telah merancang rumah yang kontemporer dan sangat fungsional untuk pasangan profesional yang memiliki seorang anak kecil. Rumah baru seluas 360 meter persegi tersebut menggunakan pondasi dan dinding samping dari rumah sebelumnya yang sudah ada, dan menempati tapak bangunan asli dengan hanya melakukan ekspansi sederhana di area belakang.

Meskipun posisi tapak nya terletak di cul-de-sac perkotaan sehingga memiliki tantangan yang cukup berat, sang arsitek tetap merancang rumah empat lantai ini dengan memperhatikan efisiensi dan ekonomi yang tinggi. Sedangkan untuk memberikan keseimbangan antara privasi dan keterbukaan, bagian depan rumah ini dirancang sedemikian rupa sehingga paparan dari arah jalan sangat terbatas, namun demikian area belakang rumah dirancang terbuka sehingga cahaya alami dapat dimanfaatkan secara optimal.

Dengan permainan grafis ortogonal yang sangat tegas, tampak rumah ini memberikan skala ketinggian di depan maupun di belakang. Jendela ramping nan tinggi dan balkon yang sorong ke dalam membentuk komposisi yang menarik. Material yang dipilih untuk eksterior adalah bata merah dan kayu cedar hitam yang mengandung palet bahan reduktif. Untuk lantai menggunakan kayu ek (oak) putih sedangkan untuk penyimpanan segala macam barang-barang rumah tangga menggunakan lemari putih yang dibuat secara fabrikasi. Pemilihan meterial ini memberikan efek rapi (tidak berantakan) yang sangat sesuai dengan gaya hidup klien.

Sekat-sekat yang menarik dibuat di lantai dasar: mulai dari lobi kemudian masuk ke dapur dan ruang makan, yang pada gilirannya turun ke ruang duduk di belakang rumah. Pemakaian material kaca yang penuh dari lantai ke langit-langit menyatukan ruang interior dan eksterior serta menghubungkan ruang tamu dengan dek luar ruangan. Sesuai dengan gaya hidup minimalis penghuninya, ruang tamu sekaligus berfungsi sebagai galeri terbuka bagi dapur, hal ini dirancang untuk memberikan pengalaman ruang yang linear di lantai dasar. Dengan paradigma efisiensi, meja konter menampung berbagai fungsi seperti wastafel, microwave, mesin cuci piring dan penyimpanan, sekaligus sebagai bar untuk sarapan bagi keluarga yang hanya beranggotakan 3 orang.

Terlepas dari pelat lantai yang menjorok ke dalam, cahaya alami tetap memberikan efek menarik bagi ruang interior dengan dinamika yang terus berubah mengikuti pergerakan matahari. Cahaya masuk ke foyer melalui jendela yang lebar sehingga menerangi area pintu masuk di lantai dasar sekaligus lantai dua.

Data proyek:

Lokasi: Toronto, Ontario, Canada
Arsitek: ATELIER KASTELIC BUFFEY

Tim Arsitektur:
Robert Kastelic, Kelly Buffey, Tim Wat, Nazia Aftab, Nicole Ratajczak, Mary Chiu, Alexandara Siu

Luas: 3900
Proyek selesai: January 2017
Manajer Konstruksi: Wilson Project Management

Juru Foto: Shai Gil

Info lebih lanjut: www.akb.ca/projects/#/summerhill-residence/

Al Hilal :Lahir dan besar di Madura, Al Hilal lulus sekolah arsitektur setelah tujuh tahun belajar di sebuah istitut di Bandung. Dia mencintai Arsitektur sebagi seni dan teknologi, bagi dia dunia arsitektur memiliki medan magnet yang kuat yang selalu menarik jiwanya untuk larut dalam medan konduksinya. Mempublikasian karya-karya arsitektur dari seluruh dunia secara digital merupakan caranya untuk menikmati karya seni dan inovasi teknologi, sebuah cara untuk merangkul jiwanya yang ingin selalu bercengkrama dengan dunia arsitektur.